Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Teknologi Optical Character Recognition dan Manfaatnya

Teknologi optical character recognition (OCR) adalah jenis software dengan manfaat membaca dan mengekstraksi teks. Umumnya berasal dari hasil scan dokumen ketik dan tulisan tangan. Tapi tidak perlu mengetik secara manual.

Pada dasarnya digunakan untuk dokumen yang dipindai menggunakan format PDF. Tapi harus membuat versi teks yang bisa dibaca komputer pada file gambar. Ternyata OCR memiliki banyak manfaat dan keunggulan penting.

optical character recognition

Teknologi Optical Character Recognition Bisa Menyalin Dokumen Tanpa Mengetik

OCR sering disebut teknologi pengenalan teks untuk memindai atau mengenali karakter (text recognition). Tentu bisa memahami huruf, angka hingga tanda baca dokumen cetak maupun tulis. Lalu diubah sebagai versi digital.

Optical character recognition dapat membantu agar lebih mudah dikenali dan dibaca komputer maupun software lainnya. Tujuan penyalinan terasa lebih mudah serta cepat. Program OCR memaksimalkan penggunaan pencarian kata dokumen.

Hasil scan bisa Anda edit teksnya hingga memformat ulang dokumen tersebut. Walaupun awalnya hanya versi cetak dapat Anda ubah dengan bebas. Proses pemindaian hingga penyalinan teks dapat dilakukan secepat mungkin.

Jika Anda sering menyalin atau memindai dokumen tentu mengenali cara kerjanya. Perangkat lunak ini akan mempersingkat waktu mengedit berkas. Artinya tidak masalah tanpa soft copy karena bisa mengubah dengan mudah.

Sebenarnya teknologi ini banyak dipakai pada data entry otomatis. Bahkan memudahkan menyalin atau mengedit buku dari scan. Belum lagi bisa konversi tulisan tangan ke dokumen digital lalu dijadikan sebagai indeks.

Penggunaan teknologi optical character recognition sangat penting untuk urusan bisnis. Terutama melibatkan penerimaan informasi media cetak seperti formulir kertas, tagihan dan kontrak tertulis. Anda bisa mengolah dengan cara maksimal.

Apalagi jika memiliki dokumen melimpah dan butuh banyak ruang dan waktu untuk menyimpannya. Manajemen dokumen tanpa kertas mungkin menjadi pilihan. Tapi harus memiliki pemindaian dokumen agar pekerjaan menjadi lebih lancar.

OCR dapat dijadikan sebagai solusi menginversi citra teks sebagai data teks. Kemudian dianalisis perangkat lunak bisnis lainnya sesuai kebutuhan. Anda bisa melakukan penyederhanaan operasi, optimasi proses dan produktivitas.

Manfaat Penting Teknologi OCR Dalam Sistem Pengelolaan Dokumen

Jika membahas tentang manfaat optical character recognition memiliki beberapa klasifikasi. Ilmuwan data telah membeberkan tipe teknologi ORC dari aplikasi atau penggunaannya. Tentu tetap efektif pada masing-masing tipe pemakaian.

Misalnya saat digunakan pada perangkat lunak untuk pengenalan optik dalam bentuk sederhana. Mesin OCR sederhana mampu bekerja dengan menyimpan banyak font atau pola citra teks. Nantinya akan dijadikan sebagai template.

Selain itu memanfaatkan algoritma pencocokan pola sehingga membandingkan karakter, citra dan basis data internal. Sistem mencocokkan teks disebut pengenalan kata optik. Artinya menjadi solusi font gaya tulis terbatas.

Manfaat lainnya ditemukan pada perangkat lunak untuk pengenalan kata cerdas. Sistemnya memanfaatkan teknologi pengenalan karakter cerdas (ICR). Tujuannya agar bisa membaca teks menggunakan cara yang sama dengan manusia.

Sistem optical character recognition modern juga akan memanfaatkan metode lanjutan dalam melatih mesin. Artinya bisa berperilaku seperti manusia dengan software machine learning. Lalu menjadi jaringan neutral penganalisis teks.

Analisis tersebut dilakukan dengan banyak tingkatan serta proses citra berulang kali. Sistemnya mencari atribut citra berbeda, misalnya garis, kurva, loop hingga persimpangan. Selain itu menggabungkan hasil semua analisisnya.

Walaupun memproses citra satu karakter hanya dalam satu waktu, prosesnya tidak lama. Anda bisa memperolehnya hanya dalam hitungan detik saja. Bahkan bisa melakukan pengenalan kata cerdas secara keseluruhan dengan maksimal.

Tidak ketinggalan membantu pengenalan tanda optik dengan maksimal. Untuk pengenalan tanda optik dalam mengidentifikasi tanda air, logo maupun simbol teks lebih baik. Dokumen dapat dikelola dengan baik dan maksimal setelahnya.

Keunggulan Teknologi OCR yang Serba Cepat dan Modern

Memanfaatkan optical character recognition dalam era serba cepat dan modern semakin penting. Apalagi terdapat tuntutan untuk memverifikasi data dengan cepat dan akurat. Wajar jika menjadi jawaban kebutuhan klien dan perusahaan.

Fiturnya dilengkapi sistem keamanan hingga pengumpulan informasi yang baik. Belum lagi disertai dengan teknologi yang dapat disesuaikan lebih mudah. Algoritmanya berbasis AI sehingga bisa dimanfaatkan dalam banyak kebutuhan.

Anda dapat menggunakannya untuk ekstraksi data KTP, otomatisasi input data hingga pengambilan foto ID. Proses pemeriksaan maksimal dengan OCR. Terlebih memiliki waktu yang lebih cepat saat Anda ingin menginput data.

Kemampuannya dalam mengorganisasi maupun menyusun data telah terbukti maksimal. Khususnya karena bisa lebih terstruktur dengan baik disebabkan pengolahan termudah. Proses onboarding maupun verifikasi lebih sempurna.

Tidak ketinggalan optical character recognition bisa memastikan data terinput dengan jelas. Bahkan disertai kemampuan deteksi silau, blur maupun input terlalu gelap. Kemudian akan dijelaskan detailnya sehingga lebih unggul.

Perusahaan yang menggunakannya untung karena memberi instruksi pengambilan data terbaik. Pengambilan data kembali maupun tindakan lainnya berjalan dengan lancar. Anda juga bisa memanfaatkan untuk jangka panjang pada kebutuhan.

Berdasarkan keunggulan tersebut, memastikan jika input data bisa dilakukan secara optimal. Bahkan bisa memperoleh informasi yang dibutuhkan secara tepat. Cara kerjanya juga ringkas dan hasilnya terjamin paling akurat.

Teknologinya dapat menjadi solusi untuk urusan verifikasi dan otentifikasi. Sistemnya solid dan disertai database lengkap sehingga bagus untuk bisnis. Jadi, optical character recognition mampu menjadi teknologi yang diandalkan.