Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Manfaat Hybrid Cloud Storage, Kelebihan dan Kekurangannya

Teknologi hybrid cloud storage menjadi bagian komputasi awan yang berkembang dengan pesat. Apalagi dibutuhkan pada sektor bisnis, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. Fleksibilitas maupun keamanan membuatnya menjadi pilihan.

Tipe hybrid sebenarnya menjadi golongan lain dari private beserta public. Untuk penggunaan dapat disesuaikan kebutuhan atau kemampuan sehingga menjadi solusi tepat. Pengelolaan data atau aplikasi tipe hybrid memiliki banyak manfaat.

hybrid cloud storage

Mengenal Hybrid Cloud Storage, Komponen dan Manfaatnya

Tipe penyimpanan hybrid unggul karena dilengkapi skalabilitas tinggi serta keamanan ketat. Belum lagi pemakaiannya optimal sesuai kebutuhan atau standar yang berlaku. Tidak heran jika menjadi pilihan pertimbangan banyak orang.

Hybrid cloud storage adalah sistem yang menggabungkan antara cloud computing public dan private. Artinya memungkinkan user memanfaatkan kelebihan kedua tipe secara bersamaan. Fleksibilitas dan keamanannya terasa lebih maksimal.

Saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan karena memberikan pengelolaan data dan aplikasi yang baik. Perannya efektif dan efisien dalam jangka yang panjang. Wajar seringkali dapat menjadi metode penyimpanan berkualitas.

Tapi untuk bekerja dengan baik, membutuhkan komponen yang benar. Misalnya ada public cloud sehingga ada internet bisa di akses siapapun. Lalu tersedia layanan berbasis web yaitu computing, storage dan networking.

Selain itu harus terdapat private sehingga ada jaringan internal perusahaan yang hanya bisa di akses perusahaan tersebut. Ditambah harus menyediakan layanan sebanding dengan penyimpanan public, tapi keamanannya maksimal.

Dalam hybrid cloud storage juga harus memiliki CMP (Cloud Management Platform) dan cloud connector. CMP menjadi platform pengelola dan pengatur hybrid. Sedangkan connector menjadi penghubung antara public dan private.

Supaya dapat bekerja dengan baik, biasanya terdiri dari dengan cara kerja yang tepat. Perusahaan seringkali mengidentifikasi kebutuhan dan pemilihan tipe penyimpanan. Penggunaan connector dan CMP juga tidak boleh sampai dilupakan.

Tidak ketinggalan harus terdapat penyimpanan data dan aplikasi hingga penggunaan layanan cloud tepat. Pengelolaan dan pemeliharaan juga perlu dilakukan rutin. Nantinya dapat berfungsi secara optimal sekaligus aman.

Kelebihan Sistem Penyimpanan Hybrid Cloud

Sistem hybrid cloud storage memiliki kelebihan sehingga membuat banyak orang tertarik memakainya. Ternyata menjadi penawaran menarik yang dapat digunakan sebagai keunggulan. Kemudian berguna untuk keperluan bisnis atau perusahaan.

Manfaatnya begitu terasa bagi perusahaan karena punya kendali kontrol jauh lebih terstruktur. Jika membandingkan tipe cloud computing lainnya ternyata paling menguntungkan. Perusahaan atau pengguna sama-sama besar untungnya.

Tidak ketinggalan perusahaan sangat leluasa dalam mengelola beragam data penting serta sensitif pengguna. Termasuk saat ingin memasukkan menuju database. Dari sisi pengguna bisa melakukan monitoring dengan fleksibel.

Selain itu jika ingin mengakses setiap data yang dimasukkan server juga lebih mudah. Salah satu kelebihan menarik yaitu mengenai efisiensi penyimpanan. Anda bisa memasukkan berbagau data tanpa ketakutan kesulitan mengelolanya.

Apalagi hybrid cloud storage terintegrasi langsung dengan public maupun private cloud. Artinya bisa memperoleh penyimpanan dengan kapasitas cukup besar. Kemudian dapat memasukkan lebih banyak data dalam komputasi awan.

Kelebihan lainnya adalah mampu memperoleh support keamanan sangat ketat. Khususnya karena bisa memanfaatkan tipe private sehingga penyimpanan data penting lebih kuat. Kemudian integrasinya dengan public cloud juga baik.

Sementara itu dari kecepatan jaringan juga memuaskan untuk penggunanya. Kecepatan jaringan sebenarnya penting terutama karena membantu pengembangan produk aplikasi dan website. Optimalisasi kemampuan jaringan dapat terjadi.

Ditambah saat ingin meminimalisir kemunculan latency juga bisa terbantu. Biaya yang dikeluarkan sangat sepadan dengan keuntungan atau manfaatnya. Bahkan sebenarnya mampu menjadi penghematan biaya dan solusi keamanan data ekstra.

Kekurangannya Sistem Penyimpanan Hybrid Cloud

Banyaknya kelebihan terbaik dalam sistem penyimpanan ini tidak membuatnya menjadi sempurna. Terutama karena ternyata dilengkapi beberapa kekurangan. Hal ini dapat menjadi perhatian besar sebelum Anda mulai menggunakannya.

Kekurangan pertama yaitu memilik infrastruktur yang cenderung lebih rumit. Apalagi bisnis yang menggunakannya perlu mengintegrasi dua model terpisah untuk satu sistem. Artinya harus belajar kombinasi private dan public dulu.

Sebelum memakai hybrid cloud storage juga perlu memahami spesialisasi dalam pengembangan sistem kerjanya. Tujuannya agar bisa berjalan dengan mulus dalam waktu lama. Kemudian fungsi penyimpanannya akan terasa maksimal.

Selain itu harus menyiapkan biaya yang jauh lebih tinggi. Tidak sedikit perusahaan ragu memanfaatkannya setelah mengetahui biaya yang keluar. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan dana mencukupi sehingga bisa mengatasinya.

Anda harus melakukan pertimbangan secermat mungkin agar memahami setiap keunggulan yang ditawarkan. Setiap perusahaan mungkin punya kebijakan efektivitas biaya sendiri. Urgensi juga memiliki pengaruh untuk pemakaiannya.

Salah satu hal yang perlu Anda antisipasi yaitu soal keterlambatan atau bottleneck. Saat transfer data mungkin akan terasa lebih lambat. Artinya harus bersabar dalam memenuhi kebutuhan IT perusahaan karena bottleneck.

Sementara itu untuk implementasinya juga patut diwaspadai sebelum menggunakan penyimpanan ini. Penerapannya membuat permintaan kuat pada jaringan, server atau penyimpanan. Artinya membutuhkan waktu dan akurasi yang tepat.

Berdasarkan kelebihan maupun kekurangan tentu Anda bisa mengenali bagus atau tidaknya penyimpanan ini. Kemudian bisa memutuskan penggunaan yang tepat. Jadi, sudah memahami keuntungan dan risiko memakai hybrid cloud storage.