Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Mengenal Tren Teknologi Datafication, Tujuan dan Benefitnya

Perkembangan tren teknologi datafication semakin meningkat dengan kebutuhan Business Intelligence (BI). Fungsinya diperluas karena mencakup tools, praktik dan aplikasi terbaik. Tentu akan digunakan untuk kebutuhan ilmu data.

Ketersediaan big data selalu ditandai 3Vs yaitu Volume, Velocity dan Variety. Analisi untuk big statistik akan mengikat ujung longgar pada rutinitas maupun kebiasaan. Kemudian datafikasi tergantung pada Machine Learning (ML).

Tren Teknologi Datafication

Perkembangan Tren Teknologi Datafication di Dunia

Datafication mengacu terhadap alat kolektif, teknologi hingga proses yang dipakai dalam mengubah organisasi sebagai perusahaan berbasis statistik. Tentu menggambarkan tren mengubah operasi bisnis lewat ketergantungan data.

Selain itu tren teknologi datafication juga dikenal dengan istilah datafy. Kemudian organisasi yang akan mengimplementasikan basis statistiknya disebut datafied. Manfaatnya penting sebagai salinan tindakan dan pemikiran manusia.

Teknologi modern seperti AI dan pembelajaran mesin akan digunakan. Hal ini dapat memastikan pemrosesan bisa menghasilkan pengambilan keputusan terbaik. Bahkan wawasan analisis lebih mendalam dengan sumber daya yang optimal.

Umumnya banyak dimanfaatkan dalam bisnis karena meliputi banyak segi. Belum lagi perlu melibatkan tindakan untuk membuat rencana, strategi hingga analisis biaya. Perusahaan bisa semakin cemerlang memanfaatkan teknologi tersebut.

Strategi pemasaran memanfaatkan tren teknologi datafication sehingga berjalan dengan baik. Apalagi awalnya akan mempelajari kebutuhan, preferensi, kesukaan atau ketidaksukaan pelanggan. Bahkan mengenali persepsi masa depan produk.

Perusahaan dari berbagai dunia banyak yang memanfaatkan karena mesin dipercaya mengambil keputusan lebih baik dibandingkan manusia. Terutama karena bisa beradaptasi dengan sistem baru hingga eksplorasi emosi dari informasi.

Saat ini masa depan begitu tergantung dengan teknologi kecepatan pemrosesan. Hasilnya akurat karena mencerminkan keberhasilan pada berbagai sektor bisnis. Bidang pemasaran, akuntansi, perbankan dan industri lainnya sangat terbantu.

Inovasi teknologinya terbukti karena punya keunggulan penggunaan blockhain, AIOps, pembelajaran mesin, FinOps hingga komputasi. Terlebih sudah dipakai pada media sosial, perangkat rumah pintar dan sejenisnya yang telah populer digunakan.

Tujuan Menggunakan Datafication Dalam Teknologi Era Digital

Pemanfaatan tren teknologi datafication terlihat dalam berbagai bidang penting di dunia. Mulai dari olahraga, keuangan, hiburan, perawatan dan sebagainya terbilang krusial. Berbagai informasi bisa dimasukkan dalam server.

Contoh penggunaannya adalah saat berbicara melalui telepon, e-mail hingga tweet. Begitu juga saat menarik uang dari ATM atau kartu kredit. Saat berjalan melewati kamera keamanan juga menjadi salah satu contohnya.

Meski begitu memiliki perbedaan dengan digitalisasi karena ternyata jauh lebih luas. Jumlah data astronomis dilengkapi informasi mengenai identitas maupun perilaku. Tujuannya yakni membantu memahami dunia dengan persepsi berbeda.

Artinya dapat menemukan cara yang tidak pernah digunakan sebelumnya. Belum lagi teknologi sudah berkembang menyimpan, mencerna, memvisualisasikan dan memprosesnya. Organisasi, bisnis hingga perusahaan banyak yang memakainya.

Keuntungan yang dihasilkan dengan tren teknologi datafication terbukti melimpah. Contohnya saat ahli pemasaran melakukan analisis informasi Facebook dan Instagram. Tujuannya menentukan atau memprediksi penjualan dalam perusahaan.

Saat ini banyak perusahaan dari berbagai sektor atau ukuran memahami pemakaian besar data hingga analitik. Bahkan bisa membantu meningkatkan kemampuan dalam pengumpulan atau analisis tersebut. Apalagi ditambah dengan jenis aplikasi.

Berbagai industri telah memanfaatkannya karena dipakai pada implementasi, aplikasi hingga penerapan berbeda. Misalnya manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Perusahaan bisa menemukan calon karyawan dengan kemampuan terbaik.

Selain itu dipakai pada pengelolaan hubungan pelanggan hingga perumahan komersial. Bahkan penyedia jasa keuangan memakainya karena untung. Apalagi bisa memahami risiko profil hingga memperbarui model bisnis terbaru.

Datafication Terbukti Sebagai Solusi Terbaik Dalam Bisnis

Meningkatkan pengguna tren teknologi datafication membesar setelah dikenalkan pada 2013. Fenomenanya terus berlanjut secara aktif. Terutama karena ikut serta mengubah bagaimana organisasi berfungsi atau mengambil keputusan.

Dalam dunia bisnis, dapat diartikan sebagai proses pengubah sebagian besar aspek bisnis menjadi informasi terukur. Tapi harus bisa dilacak, dianalisis maupun dipantau. Tentu mengacu terhadap pemanfaatan alat maupun proses pengubahan.

Khusus pada bisnis terdapat beberapa bidang yang menerima dampak paling besar. Contohnya analisis yang bisa meraih wawasan tentang perilaku, tren atau preferensi konsumen. Kemudian dapat mengambil keputusan terbaik dan tepat.

Selain itu bisa dipakai pada kampanye pemasaran supaya bisa menghasilkan dampak maksimal. Nantinya dapat memungkinkan personalisasi iklan maupun penawaran bagi pelanggan. Tapi berdasarkan perilaku, minat ataupun tren.

Memanfaatkan tren teknologi datafication juga dapat dipakai untuk prediksi yang akurat. Bahkan bisa membantu bisnis memperkirakan tren untuk masa depan. Lalu tetap menjadi yang terbaik walaupun bersaing dengan perusahaan lain.

Manfaat teknologi ini bagi bisnis penting karena menjadi solusi yang bekerja dengan cepat. Peran pengambilan keputusan atau pengembangan strategi lebih terjamin. Strategi pemasaran juga menjadi lebih kreatif dan efektif.

Peran penting lainnya yaitu dapat mengembangkan potensi yang hadir. Peningkatan efisiensi, pendapatan dan pengurangan biaya akan terbantu. Tentu perusahaan bida mengidentifikasi peluang agar operasional lebih optimal.

Belum lagi dengan dampak yang maksimal terhadap pengalaman dan keterlibatan pelanggan. Keunggulan kompetitif juga terasa maksimal. Tapi tren teknologi datafication harus dimanfaatkan dengan menangani risiko dan tantangan.